Beranda | Artikel
Adakah Hari Istimewa dalam Puasa di Bulan Syaban?
Sabtu, 31 Mei 2014

Apakah ada hari-hari khusus untuk melakukan puasa Sya’ban?

Kita tahu bersama bahwa di bulan Sya’ban kita disunnahkan untuk memperbanyak puasa sebagai warming up (pemanasan) sebelum memasuki bulan Ramadhan.

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau mengatakan,

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – يَصُومُ حَتَّى نَقُولَ لاَ يُفْطِرُ ، وَيُفْطِرُ حَتَّى نَقُولَ لاَ يَصُومُ . فَمَا رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – اسْتَكْمَلَ صِيَامَ شَهْرٍ إِلاَّ رَمَضَانَ ، وَمَا رَأَيْتُهُ أَكْثَرَ صِيَامًا مِنْهُ فِى شَعْبَانَ

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berpuasa, sampai kami katakan bahwa beliau tidak berbuka. Beliau pun berbuka sampai kami katakan bahwa beliau tidak berpuasa. Aku tidak pernah sama sekali melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berpuasa secara sempurna sebulan penuh selain pada bulan Ramadhan. Aku pun tidak pernah melihat beliau berpuasa yang lebih banyak daripada berpuasa di bulan Sya’ban.” (HR. Bukhari no. 1969 dan Muslim no. 1156)

‘Aisyah radhiyallahu ‘anha juga mengatakan,

لَمْ يَكُنِ النَّبِىُّ – صلى الله عليه وسلم – يَصُومُ شَهْرًا أَكْثَرَ مِنْ شَعْبَانَ ، فَإِنَّهُ كَانَ يَصُومُ شَعْبَانَ كُلَّهُ

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak biasa berpuasa pada satu bulan yang lebih banyak dari bulan Sya’ban. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berpuasa pada bulan Sya’ban seluruhnya.” (HR. Bukhari no. 1970 dan Muslim no. 1156)

Dalam lafazh Muslim, ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha mengatakan,

كَانَ يَصُومُ شَعْبَانَ كُلَّهُ كَانَ يَصُومُ شَعْبَانَ إِلاَّ قَلِيلاً.

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berpuasa pada bulan Sya’ban seluruhnya. Namun beliau berpuasa hanya sedikit hari saja.” (HR. Muslim no. 1156)

Dari Ummu Salamah, beliau mengatakan,

أَنَّهُ لَمْ يَكُنْ يَصُومُ مِنَ السَّنَةِ شَهْرًا تَامًّا إِلاَّ شَعْبَانَ يَصِلُهُ بِرَمَضَانَ.

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam setahun tidak berpuasa sebulan penuh selain pada bulan Sya’ban, lalu dilanjutkan dengan berpuasa di bulan Ramadhan.” (HR. Abu Daud dan An Nasa’i. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Sebagaimana kata guru kami, Syaikh ‘Abdul ‘Aziz Ath Thorifi hafizhahullah bahwasanya tidak ada hari atau malam khusus yang spesial untuk beribadah di bulan Sya’ban. Tidak ada juga keistimewaan berpuasa pada awal, pertengahan maupun akhir Sya’ban karena keutamaan menyangkut Sya’ban sama antara waktu-waktu tersebut. Namun hanyalah terlarang jika seseorang mendahulukan puasa satu atau dua hari sebelum Ramadhan, kecuali jika ia punya kebiasaan berpuasa. Seperti misalnya seseorang punya kebiasaan berpuasa Senin-Kamis atau berpuasa tiga hari setiap bulan lalu ia lakukan di akhir Sya’ban, maka tidaklah masalah. (Youtube).

Semoga bermanfaat. Hanyalah Allah yang memberi taufik.

Disusun di Pesantren DS, 2 Sya’ban 1435 H

Penulis: Muhammad Abduh Tuasikal

Artikel Muslim.Or.Id

🔍 Laki Laki Wajib Sholat Di Masjid, Makmum Membaca Al Fatihah Setelah Amin, Ayat Alquran Tentang Kebesaran Allah, Ummu Sulaim


Artikel asli: https://muslim.or.id/21572-adakah-hari-istimewa-dalam-puasa-di-bulan-syaban.html